Dengan Olah Raga Dapat Membantu Proses Penyembuhan Kanker

Satu diantara therapy yang umumnya ditempuh oleh pasien kanker untuk menolong pengobatan kanker yaitu melakukan kemoterapi. Sayangnya, sistem kemoterapi dapat juga mengakibatkan kerusakan sel yang masihlah sehat hingga seringkali melemahkan keadaan badan pasien kanker. Bahkan juga banyak pula pasien kanker yang terasa jadi lebih lemak dari pada sebelumnya ikuti therapy kemoterapi.

Olah Raga Penyembuh Kanker
Hal semacam ini bikin peneliti asal Yunani, Kevin McCully, seseorang profesor kinesiology (pengetahuan gerak badan) serta Petros George Nikolinakos, spesialis onkologi dari University Cancer and Blood Center di Athena menguji satu riset yang melibatkan pasien kanker yang memperoleh therapy kemoterapi. Mereka menguji apakah berolahraga dapat menolong melakukan perbaikan sel yang rusak dengan cepat pada pasien kemoterapi. Satu diantara landasan yang dipakai yaitu lantaran berolahraga berbentuk menyehatkan badan serta punya pengaruh pada perbaikan sel yang rusak.

Riset yang masihlah berjalan ini dapat menarik perhatian peneliti lain, lantaran telah banyak riset terlebih dulu yang tunjukkan hasil kalau pasien kanker yang memperoleh therapy kemoterapi serta lakukan berolahraga, mereka tidak lagi terasa begitu lemah. Setelah itu, konsentrasi riset yang mengutamakan pada fungsi berolahraga pada mekanisme pergantian keadaan sel yang di pengaruhi kemoterapi selalu dikerjakan.

Dalam riset ini, peserta riset diwajibkan ikuti jadwal berolahraga yang terstruktur supaya tiap-tiap peserta beraktivitas yang sama. Pengujian fisik dikerjakan sepanjang tiga bln. untuk lihat seberapa baik berolahraga pada pemulihan sel yang rusak akibat kemoterapi. Keadaan fisik semasing peserta yang dinilai mencakup aliran darah, volume darah, mengkonsumsi oksigen, skala oksigenasi lagi dan lama pemulihan otot. Sesaat ini, pengujian cuma terbuka untuk pasien kanker payudara stadium 1 serta 2 serta belum alami metastasis.

Satu diantara peserta yang ikuti riset ini yakni bekas pasien kanker payudara yang masihlah mengeluhkan dampak jelek dari kemoterapi. Awalannya, ia terasa susah ikuti jadwal berolahraga yang telah diputuskan. Tetapi, bersamaan dengan saat serta usaha, saat ini, sesudah tiga bln., ia terasa lebih kuat serta bisa dengan gampang ikuti jadwal berolahraga. Walau hasil dari riset ini belum dapat diterbitkan, McCully serta Nikolinakos begitu mengharapkan satu hari berolahraga atau kegiatan fisik teratur jadi satu diantara sisi dari sistem penyembuhan sesudah kemoterapi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s